Monday, February 22, 2016

Statistika Deskriptif VS Statistika Inferensia

Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar teman teman semua?. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tenang Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensia.

STATISTIKA DESKRIPTIF

Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu kumpulan data sehingga memberikan informasi yang berguna. Dalam Statistika Deskriptif ada 2 kegiatan utama yang kita lakukan.

1. Menyajikan Data : Penyajian Data bertujuan untuk mendeskripsikan data agar terlihat lebih informatif dalam bentuk distribusi frekuentif berupa tabel atau grafik.
Contoh : bar chart, line chart, pie chart dll.

2. Meringkas Data : Peringkasan data ini bertujuan untuk meringkas dan mendeskripsikan suatu ukuran kuantitatif yang dapat mewakili sekian banyaknya data meliputi:

A. UKURAN PEMUSATAN DATA
1. Mean = Nilai Rata Rata
2. Modus = Nilai Tengah
3. Modus = Nilai Terbanyak

B. UKURAN LETAK DATA
1. Persentil
2. Detil
3. Quartil

C UKURAN PENYEBARAN DATA
1. Standar Deviasi
2. Variansi
3. Jangkauan
4. Jangkauan Inter Kuartil

Contoh Statistika Deskriptif





STATISTIKA INFERENSIA

Stattistika Inferensia mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data atau sample data yang kemudia akan ditarik sebuah kesimpulan yang mewakili sebuah populasinya. Dalam Statistika Inferensia mencakup Statistika Deskriptif yang menjadi bahan dasar / fakta data untuk ditaksir, dianalisis dengan perbandingan atau statistik statistik yang ada dan diambil sebuah kesimpulan yang bersifat representatif dari sebuah populasi.

Gambar diatas merupakan ilustrasi Statistika Inferensia dimana kita mengambil sampel data yang bersifat representatif pada suatu populasi, kemudia kita analisis dan akhirnya menarik kesimpulan yang mewakili dari populasi tersebut. Berikut adalah ilustrasi dalam pengambilan sample acak / random.


Contoh Statistika Inferensia



Demikian penjelasan dari saya mengenai statistika deskriptif dan statistika inferensia. Jika ada saran dan pertanyaan, Silahkan Tinggalkan pada kolom komentar. Terima Kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.





0 comments:

Post a Comment