Thursday, March 24, 2016

Distribusi Sampling

Assalamualaikum wr. wb.
Pada kesempatan kali ini, sata akan sedikit berbagi tentang distribus i sampling ..
Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah mengetahui tentang sampel data, sampling dan bagaimana teknik sampling secara sederhana. Disni akan dibahas tentang distribus i sampling. Distribusi sampling itu sendiri merupakan dasar dari statistian inferensia. dan dasar / basic sebelum kita mengambil kesimpulan atau generalisasi terhadap suatu objek populasi yang kita ambil sampel nya.




DISTRIBUSI SAMPLING

Distribusi sampling merupakan distribusi probabilitas suatu statistik berdasarkan semua kemungkinan  sampel dengan karakteristik statistik yang berbeda beda. Selanjutnya nilai statistik dan sampel yang dipelajari akan dijadikan sebagai praduga dari parameter populasinya..

2 Teori Dasar penting Distribusi sampling adalah dalil batas tengah dan teori limit pusat dimana DISTRIBUSI NORMAL sebagai pemahaman awalnya..

DISTRIBUSI NORMAL adalah distribusi probabilitas kontinyu (pdf) yang digunakan untuk memecahkan suatu persoalan. Grafiknya disebut juga dengan kurva normal berbentuk lonjong yang mengambarkan gejala dari pengamatan cukup baik. 

Distribus nomrla sendiri atau biasa disebut probabilitas kontinyu (pdf) memiliki rumus seperti gambar berikut:




SIFAT SIFAT DISTRIBUSI NORMAL


CONTOH GRAFIK DISTRIBUSI NORMAL


TRANSFORMASI E NORMAL STANDARD



Setelah kita menghitung nilai Z pada rumus distribusi normal, kita akan melihat nilai dari tabel normal sesuai dengan z yang telah kita hitung. Berikut contoh salah satu tabel normla dari tabel kanan.


CONTOH IMPLEMENTASI DISTRIBUS NORMAL

1. Model pengeluaran industri
2. bisnis
2. Mengukur rataan life time baterai
4. lampu
5. Ban Mobil
6. Tekevisi
dll

Selain distribusi normal, pada distribusi sampling juga mencakup kajian tentang distribusi T dan Central Limit Teorma (CLT) dan lainnya.


Demikian rangkuman singkat mengenai distribusi sampling. Semoga bermanfaat.










0 comments:

Post a Comment