Wednesday, March 23, 2016

Sampling VS Sensus

Assalamualaikum wr. wb. Apa kabar teman teman??? Semoga baik baik saja......
Pada kesempatan kali ini saya mau sedikit berbagi tentang Sample dan Populasi. Kedua hal tersebut memiliki hubungan keterkaitan dalam konteks ilmu statistika industri. Setelah itu kita akan belajar juga sedikit tentang teori sampling dan bagaimana menetukan untuk melakukan porses sampling atau sensus pada kasus tertentu. Sebelumnya kita akan sama sama memahami sample dan populasi terlebih dahulu.



VS




POPULASI atau UNIVERSE adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas: objek dan subjek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya. (Sugiyono, 2014, p.148)


Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut, ataupun bagian kecil dari anggota populasi yang diambil menurut prosedur tertentu sehingga dapat mewakili populasinya

Untuk lebih mengetahui tentang sample dan populasi sebagi dasarsebelum melakukan teknik sampling, teman teman bisa lihat gambar berikut:


Hasil gambar untuk teknik sampling



Setelah kita mengetahui tentang sampling dan populasi, Dalam membuat kesimpulan dari sebuah popuilasi ada dua hal yang dapat kita lakukan, yaitu sensus dan sampling ?

SENSUS ATAU SAMPLING ?

Dalam suatu kasus tertentu sebelum kita membuat sebuah kesimpulan, kita mengumpulkan data dengan mendata seluruh elemen dalam populasi, teknik ini biasa disebut dengan sesnsu. Dengan teknik sensus data kesimpulan yang diambil lebih akurat karena kita melakukan pendataan pada semua elemen yang terdapat dalams ebuah populasi. Akan tetapi dalam kondisi tertentu kita tidak memungkinkan untuk melakukan sensus, karena jumlah elemen populasi yang sangat banyak dan faktor lainnya seperti keterbatasan sumber daya, maka kita dapat melakukan teknik sampling.



Pada gambar diatas kita dapat lihat bahwa dalam suatu populasi, kita ambil sebagian data / sampel dengan syarat bersifat representatif dan memiliki peluang yang sama terhadap elemen lainnya. Dengan mengambil sampel data yang kemudia kita proses dengan ukuran ukuran statistik tertentu. Kemudia kita melakukan proses Generalisasi dimana adanya pengambilan sebuah kesimpulan terhadap sebuah populasi dengan melihat dari sampel data yang di proses dan bersifat representatif dan memiliki peluang yang sama dengan elemen lainnya.

TEKNIK SAMPLING

Dalam melakukan sampling kita akan menggunakan teknik sampling yang sudah standr untuk dilakukan . Seperti pada gamba berkut:




TAHAPAN RANCANGAN SAMPLING

1. Definisikan Target Populasi
2. Siapkan Kerangka Sampling
3. Pilih Teknik Sampling
4. tentukan Sampel Size
5. Lakukan proses Sampling


Demikian penejlasan mengenai sampel, populasi, teknik sampling sampling dan sensus. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan Silahkan tinggalkan pada kolom komentar.



Sumber : http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-populasi-dan-sampel-serta-teknik-sampling.html


0 comments:

Post a Comment