Saturday, July 4, 2015

XL Siapkan Aplikasi Pesaing WhatsApp


http://images.detik.com/content/2015/07/04/328/143100_xl30.jpg
Jakarta - Mungkin ingin menyaingi aplikasi over the top (OTT) seperti WhatsApp atau Facebook, XL Axiata menyiapkan sebuah aplikasi di ponsel pintar. Fungsinya mirip-mirip WhatsApp, bisa komunikasi pesan, suara, berbagi lokasi hingga mengirim file ukuran besar.

Aplikasi tersebut dinamakan XL RCS (Rich Communication Suite over LTE). Dibuat bekerja sama dengan produsen telekomunikasi Huawei, saat ini RCS masih dalam tahap uji coba.

Ketika dipamerkan oleh Chief Service Management Officer XL Axiata, Ongki Kurniawan, tampak aplikasi itu berjalan lancar kala video chat sampai berbagi lokasi. Cara penggunaan dan user interfacenya pun terlihat simpel.

Ongki mengatakan kalau aplikasi RCS dirancang khusus untuk jaringan 4G LTE. Kelebihannya dibanding WhatsApp misalnya jaringanya lebih stabil. Nantinya XL berencana melepas RCS untuk publik, khususnya jika layanan 4G LTE sudah luas cakupannya.

“RCS hanya akan optimal kalau berjalan di jaringan XL dan LTE. Ini memang embedded di jaringan kita,” kata Ongki.

Tapi ia menampik kalau RCS tujuannya adalah untuk melawan aplikasi sejenis seperti WhatsApp melainkan untuk melengkapi. Meski demikian dengan beragam fungsi dan desainnya, RCS memang sangat mirip dengan WhatsApp, Line atau layanan messaging sejenisnya.

Rencananya, aplikasi RCS akan diluncurkan oleh XL paling lambat pada tahun 2016. Nantinya, pengguna kemungkinan cukup mengunduhnya di toko aplikasi.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2015/07/04/142958/2960345/328/xl-siapkan-aplikasi-pesaing-whatsapp

0 comments:

Post a Comment